Pages

Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS)

Minggu, 20 Juli 2014



Kebun Raya Unmul – Samarinda atau yang lebih sering disebut KRUS merupakan salah satu diantara beberapa tempat wisata yang ada di kota Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Letaknya di sebelah utara kota Samarinda, sekitar 10 kilometer atau 15 menit perjalanan dengan kendaraan dari pusat kota.
Untuk diketahui areal KRUS ini dulunya adalah areal HPH milik sebuah perusahaan, namun pada tahun 1974 perusahaan tersebut menyerahkan kawasan seluas 300 Ha kepada Rektor Universitas Mulawarman untuk dikelola menjadi hutan konservasi atau kebun raya yang kemudian juga diperkuat oleh Gubernur dan Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur. Pada tahun 1997 Walikota Samarinda juga kembali memperkuat agar kawasan ini dijadikan hutan pendidikan Universitas Mulawarman“.
Sejak saat itulah Kebun Raya Unmul (KRUS) mulai banyak warga yang berkunjung ke tempat ini. Sampai saat ini pengelola terus berusaha membenahi KRUS agar semakin menarik bagi pengunjung.
 
Pintu kedatangan Di Kebun Raya Unmul (KRUS)
Di Kebun Raya Unmul (KRUS) terdapat kebun binatang, namun kebun binatang di KRUS ini masih termasuk ke dalam golongan kecil, jika di lihat dari koleksi binatang yang ada di kebun biatang tersebut.
Beberapa koleksi photo binatang yang ada di Kebun Raya Unmul (KRUS) :

Orang Utan



Buaya Muara


Selain melihat koleksi binatang yang tersedia, Kebun Raya Unmul (KRUS) memiliki danau yang terbilang cukup luas, di danau tersebut terdapat  wahana permainan yang bisa kita coba, dan kita gunakan bersama teman atau keluarga.
Beberapa koleksi photo danau dan permainan yang ada di danau tersebut:

Photo Danau yang berada Di Kebun Raya Unmul (KRUS)
dari kejauhan

 
Wahana Sepeda air yang ada di
Kebun Raya Unmul (KRUS)


Wahana Sepeda air yang ada di
Kebun Raya Unmul (KRUS)

Bukan hanya di danau terdapat wahana lain yang bisa kita coba, di sekitar area Kebun Raya Unmul (KRUS) masih ada beberapa wahana yang patut kita coba.
Beberapa koleksi photo wahana di Kebun Raya Unmul (KRUS):



Setelah lelah berkeliling-keliling pasti kita merasa haus dan lapar, jangan khawatir untuk mencari makanan dan minuman karena banyak warung – warung yang tersedia di sekitar area Kebun Raya Unmul (KRUS).
Sambil beristirahat kita bisa melihat suasana alam yang terdapat di sekitar warung tempat kita singgah.

1 komentar:

  1. I'm Megan from IDNtimes. We would like to feature your original photo http://3.bp.blogspot.com/-hU9oIt7hBA0/U-WLwex2I6I/AAAAAAAAArg/T9usmzZFjiM/s1600/bIDr4dc22d2bca4ad.jpg as part of our content. The credit's still yours and we will put the backlink to your blog. If you feel uncomfortable, please tell us at tania@idntimes.com.

    BalasHapus