Pages

Desa Budaya Pampang

Minggu, 20 Juli 2014

    Jika kita berada atau berkunjung ke Provinsi Kalimantan Timur, khususnya ke Kota Samarinda,
ada tempat yang sangat menarik untuk di kunjungi, tempat itu bernama Desa Budaya Pampang.
  jika kita ingin bekunjung ke Desa Budaya Pampang, Desa Budaya Pampang terletak sekitar 20 km dari Kota Samarinda disana kita bukan hanya sekedar berwisata semata. tetapi kita akan mengetahui kehidupan, kegiatan sehari - hari yang mereka lakukan di Desa Pampang tersebut.
warga Desa Pampang pun banyak menyediakan beberapa kegiatan yang benar - benar asli dari Budaya Pampang.
      Untuk dapat menyaksikan berbagai pertunjukan yang dilaksanakan masyarakat Desa Pampang Anda cukup merogoh kocek Anda sebanyak Rp 5.000,00. Bagi Anda yang ingin berfoto dengan penduduk lokal yang mengenakan pakaian adat, Anda harus membayar biaya tambahan yang berkisar Rp 15.000,00 hingga Rp 25.000,00.

denah Desa Budaya Pampang:
Denah Desa Budaya Pampang Samarinda - Kalimantan Timur

untuk informasi :

"Sekitar tahun 1967, ada tujuh orang Suku Dayak yang berasal dari Desa Long Liis, Apokayan, Kabupaten Bulungan, yang berjalan kaki dari utara menuju selatan menyusuri Sungai Mahakam. Ketujuh orang tersebut adalah Jawi Ngau, Petingai, Taman Bulan, Taman Juli, Taman Ana, Palejo, dan Bit Imang. Masing-masing dari mereka membawa anggota, sehingga keseluruhan anggota rombongan berjumlah 35 kepala keluarga.Dalam perjalanan itu, mereka seringkali singgah di satu tempat, kemudian mulai bertani dan tinggal di tempat tersebut untuk waktu yang cukup lama. Hal ini berlangsung selama bertahun-tahun. Pada akhirnya mereka sampai di kawasan Pampang sekitar tahun 1973 dan memutuskan untuk menetap di kawasan itu, karena mereka menganggap Pampang bagus sebagai tempat bercocok tanam. Setelah eksodus itu berakhir, Pampang pun tumbuh menjadi kawasan permukiman yang permanen".

       Desa Budaya Pampang Sebagai salah satu obyek wisata unggulan yang ada di Samarinda.   
Bagi Anda yang hanya memiliki waktu singkat untuk melihat kesenian dan kebudayaan Dayak, maka kita disarankan untuk mengunjungi Desa Budaya Pampang pada hari Minggu sore. Setiap Minggu, masyarakat Dayak Kenyah penghuni Desa Pampang selalu menggelar pertunjukan budaya. 
Beberapa photo pertunjukan Budaya Desa Pampang:






desa budaya pampang mempunyai bangunan yang megah dengan penuh ukiran kas Dayak, yang sangat indah dan menarik jika di pandang bangunan tersebut bernama Lamin Adat (rumah adat suku Dayak).

wajah - wajah asli penduduk Budaya Desa Pampang



Selain menikmati keindahan pertunjukan tari-tarian suku Dayak Kenyah, para wisatawan dapat membeli berbagai suvenir khas buatan tangan penduduk Desa Pampang, suvenir - suvenir yang kitabeli di Desa Pampang sangat cocok untuk dii jadikan oleh - oleh, karena suvenir tersebut memiliki keindahan, keunikan tersendiri.
Beberapa photo suvenir yang berada di Desa Pampang:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar